Abstrak


Penerapan Alat Bantu Bola Gantung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Bolavoli pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Pracimantoro Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018


Oleh :
Retno Yuliawati - K4614073 - Fak. KIP

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli menggunakan Alat Bantu Bola Gantung pada siswa kelas VIII A SMP Negri 3 Pracimantoro Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Pracimantoro yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 13 siswa putri dan 16 siswa putra.Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan dokumentasi atau arsip. Uji validitas data menggunakan teknik penilaian triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik prosentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: hasil belajar passing atas bolavoli siswa pada Siklus I dari 29 siswa prosentase ketuntasan 72,41 % atau sebanyak 21 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat menjadi 82,72 % atau sebanyak 24 siswa sedangkan 5 siswa lainnya belum tuntas dengan KKM 75, adapun target capaian ketuntasan yang ditetapkan oleh peneliti adalah 80%.
Simpulan penelitian ini adalah dengan penerapan alat bantu bola gantung dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Pracimantoro Tahun Pelajaran 2017/2018.