Abstrak


Penerapan SGA ( Small Group Activity ) Di Assy Untuk Pencegahan Kecelakaan Kerja di PT Gemala Kempa Daya ( Gkd )Jakarta Utara


Oleh :
Topan Prasetyo - R0015094 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK
Latar Belakang :

Metode: Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif yang memberikan gambaran tentang pelaksanaan SGA (Small Group Activity) untuk pencegahan kecelakaan yang dilakukan di Line Assy PT. Gemala Kempa Daya. Pengambilan data mengenai SGA (Small Group Activity) dilakukan melalui observasi langsung ke lapangan, wawancara kepada karyawan serta studi kepustakaan kemudian dianalisis dan dievaluasi.

Hasil : Dalam proses produksi PT. Gemala Kempa Daya tidak lepas dari penggunaan mesin yang mudah menimbulkan potensi bahaya, maka di bentuklah SGA (Small Group Activity) untuk pencegahan kecelakaan. SGA divisualisasikan melalui struktur organisasi SGA, List Up Problem, Analisa (Safety Rank), 4M Analysis, Action Plan, Safety Map, dan di improvement sesuai rencana penanggulangan untuk dilakukan perbaikan. Dalam pelaksanan SGA (Small Group Activity) menggunakan form checklist. SGA (Small Group Activity) di review setiap minggu mengetahui potensi   bahaya yang ada. Perbaikan akan dilaksanakan oleh Departemen EHS jika terdapat temuan selama SGA (Small Group Activity).

Simpulan : Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan SGA (Small Group Activity) sudah dilaksanakan namun belum sepenuhnya sesuai standar yang ada di PT Gemala Kempa Daya. Penerapan SGA (Small Group Activity) yang meliputi identifikasi bahaya, penilaian resiko dan pengendalian resiko sesuai dengan OHSAS 18001:2007 tentang Persyaratan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Saran yang diberikan adalah supaya perusahaan menerapkan, memelihara, dan secara berkelanjutan meningkatkan Sistem ManajemenK3.

Kata kunci : Penerapan Keselamatan Kerja, Pencegahan Kecelakaan