;

Abstrak


Peran Mediasi Kelelahan Emosional Terhadap Pengaruh Konflik Pekerjaan-Keluarga dan Keluarga-Pekerjaan pada Kinerja (Studi pada Karyawan PT. Intimulya Multikencana)


Oleh :
Muchacha Mufti Abadi - S411608017 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kuantitatif  yang  menguji  pengaruh konflik kerja-keluarga dan konflik keluarga-kerja terhadap kinerja karyawan dengan dimediasi oleh kelelahan emosional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 124 karyawan tetap dan kontrak. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 102 karyawan, dengan pertimbangan  karyawan  dan  atasan  yang  sudah  menikah,  dan  usia  pernikahan minimal 1 tahun. Penelitian ini menggunakan alat uji causal step dengan dibantu menggunakan software SPSS versi 23.

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh konflik kerja-keluarga dan keluarga-kerja memberikan pengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan,  baik  dengan  melewati  mediasi  kelelahan  emosional  maupun  tanpa melewati mediasi kelelahan emosional. Kelelahan emosional juga berpengaruh negatife dan signifikan terhadap kinerja karyawan.