Abstrak


Efektivitas Teknik Self Monitoring untuk Meningkatkan Ketepatan Waktu Salat Wajib Secara Rutin Peserta Didik Kelas XI SMA Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018


Oleh :
Nurul Supriyanti - K3113053 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik self monitoring untuk meningkatkan ketepatan waktu salat wajib secara rutin peserta didik kelas XI SMA Batik 2 Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Penelitian ini menggunaan metode penelitian eksperimen yaitu single case experimental design dengan desain multiple baseline design accros subjek. Subjek penelitian adalah tiga peserta didik laki-laki kelas XI SMA Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan  data dengan teknik instrumen observasi penundaan salat wajib. Validitas instrumen dalam penelitian single case diukur melalui perilaku yang diamati. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik teknik persentase dan analisis klinis yaitu metode evaluasi subjektif oleh significant other.

Hasil analisis klinis oleh significant other menjelaskan bahwa ketepatan waktu salat wajib subjek penelitian ini meningkat secara signifikan. Hal ini dibuktikan dengan usaha ketiga subjek untuk bisa melaksanakan salat wajib tepat waktu.
Senada dengan hasil analisis klinis tersebut perhitungan persentase juga menunjukkan perubahan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan persentase perubahan perilaku yaitu pada subjek pertama 62,2%, subjek kedua 51,9% dan subjek ketiga 51,9%. Hal itu dapat diartikan bahwa perilaku  latensi  pelaksanaan  salat  wajib  yang  dialami  ketiga  subjek  telah mencapai keberhasilan yang signifikan. Senada dengan pendapat Goodwin dan Coates (1976:57) yang menyatakan bahwa “perubahan perilaku dapat dikatakan berubah secara signifikan apabila hasil perhitungan dengan rumus tersebut adalah”.

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik self monitoring efektif untuk meningkatkan ketepatan waktu salat wajib secara rutin peserta didik kelas XI SMA Batik 2 Surakarta Tahun ajaran 2017/2018.