Abstrak


Studi Kasus tentang Self Confidence Berbasis Permasalahan Keluarga pada Peserta Didik SMP N 1 Mojolaban Sukoharjo


Oleh :
Arnov Yoga Suryana - K3111015 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran tentang self confidence siswa di SMP N 1 Mojolaban Sukoharjo, menjelaskan faktor-faktor yang melatarbelakangi self confidence siswa, dan menjelaskan alternatif-alternatif pemecahan masalah self confidence siswa di SMP N 1 Mojolaban Sukoharjo.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 yang berjumlah 3 orang, teman sebaya 2 orang, dan guru bimbingan dan konseling yang berjumlah 1 orang. Teknik pengumpulan data Adalah dengan observasi dan wawancara Sumber data berasal dari peserta didik, dan guru bimbingan dna konseling. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian antara lain: 1) faktor yang menyebabkan self-confidence rendah pada siswa yaitu faktor keluarga antara lain hubungan orang tua terhadap anak, dan permasalahan keluarga yang berhubungan dengan ekonomi keluarga khususnya kebutuhan materi anak yang menyangkut kebutuhan sekolah dan belajar anak. 2) alaternatif-alternatif pemecahan masalah yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi self-confidence rendah ada dua langkah yaitu langkah pencegahan dan penanganan masalah. Pada contoh kasus ini digunakan layanan konseling perorangan yang berkaitan dengan kasus seperti membolos atau tidak masuk sekolah atau sikap seperti tidur atau bahkan bercerita sendiri dengan temannya saat diberi pelajaran oleh guru karena sikap over confidence atau sebaliknya.

Kata Kunci : self confidence, permasalahan keluarga, SMP N 1 Mojolaban