Abstrak


Pembuatan Aplikasi Virtual Reality Taman Pintar Yogyakarta Zona Aquarium Air Tawar Dan Zona Makhluk Purba


Oleh :
Isthofia - M3115073 - Fak. MIPA

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknologi Virtual Reality ke dalam pariwisata edukasi yang ada di kota Yogyakarta  sekaligus sebagai alternatif media promosi Taman Pintar Yogyakarta zona aquarium air tawar dan zona makhluk purba yang mana dapat memudahkan wisatawan dalam kota maupun luar kota Yogyakarta untuk mendapatkan informasi mengenai Taman Pintar Yogyakarta terutama di zona aquarium air tawar dan makhluk purba sebelum wisatawan datang mengunjunginya.
Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan teknologi Virtual Reality, metodologi yang diambil  dalam pembuatan aplikasi ini yaitu dengan menggunakan metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Kemudian, software utama yang penulis gunakan adalah Blender dan unity game Engine.
Berdasarkan hasil pengujian, semua komponen dalam aplikasi dapat berjalan dengan baik dengan penggunaan perangkat mobile android yang berbeda spesifikasi yang digunakan dalam pengujian. Setelah hasil penelitian ini dicoba oleh masyarakat maka diperolehlah hasil kuisioner yang telah dilakukan terhadap 30 responden. Total hasil rata-rata dari aspek visual yaitu sangat baik 30.0%, baik 60.0%, cukup baik 10.0%, kurang baik 0%, dan tidak baik 0%. Kemudian, total hasil rata-rata dari aspek edukasi yaitu sangat baik 35.0%, baik 55.5%, cukup baik 9.5%, kurang baik 0%, dan tidak baik 0%. Dengan kuisioner diatas dapat disimpulkan bahwa aplikasi Virtual Reality Taman Pintar Yogyakarta zona aquarium air tawar dan zona makhluk purba mendapatkan respon yang baik dari responden.