Abstrak


Analisis Potensi dan Kesesuaian Kawasan Wisata sebagai Arahan Pengembangan Wisata di Wana Wisata Curug Cipendok Kabupaten Banyumas Tahun 2018 (Implementasi untuk Materi Bahan Ajar Pembelajaran Geografi SMA Kelas XI Semester I pada Materi Pokok Pengelolaan Sumberdaya Alam Indonesia)


Oleh :
Gati Parameswari - K5414023 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan dari peneltian ini adalah : (1) Mengetahui potensi wisata di Wana Wisata Curug Cipendok (2) Mengetahui daya dukung fungsi lindung di Wana Wisata Curug Cipendok (3) Mengetahui kesesuaian kawasan di Wana Wisata Curug Cipendok (4) Mengetahui arahan pengembangan wisata di Wana Wisata Curug Cipendok (5) Menyusun bahan ajar yang berkaitan dengan tema Analisis Potensi dan Kesesuaian Kawasan Wisata di Wana Wisata Curug Cipendok Kabupaten Banyumas Tahun 2018.
Penelitian ini merupakan penelitian  deskriptif  kualitatif  dengan  metode survei lapangan. Populasi dalam penelitian ini ada dua jenis, yaitu (1) populasi responden yang terdiri dari stakeholder, pedagang, pemilik penginapan dan pengunjung dan (2) populasi kawasan wisata yaitu Wana Wisata Curug Cipendok. Sedangkan sampel penelitiannya juga terdapat dua jenis, yaitu (1) sampel responden dan (2) sampel kesesuaian kawasan wisata. Untuk teknik sampling responden  ada  dua  yaitu  (a)  teknik  sampling  bertujuan  untuk  stakeholder; pedagang atau pemilik warung makan; dan pemilik penginapan dan (b) teknik accidental sampling untuk pengunjung wisata. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan analisis dokumen.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Potensi di Wana Wisata Curug Cipendok Hasil dari penelitian ini adalah (1) Potensi di Wana Wisata Curug Cipendok berada pada klasifikasi cukup potensial (2) Hasil Daya Dukung Fungsi Lindung dalam kondisi baik. (3) Hasil kesesuaian di kawasan air terjun adalah sebesar 67% berada pada kelas S2 (cukup sesuai), hasil kesesuaian di kawasan taman wisata adalah sebesar 82,49% berada pada kelas S1 (sangat sesuai), dan hasil kesesuaian di kawasan telaga adalah sebesar 80% berada pada S1 (sangat sesuai). (4) Untuk arahan pengembangan wisata di Wana Wisata Curug Cipendok adalah dengan melihat kelemahan yang menjadi penghambat dan  mengoptimalkan kekuatan dari hasil penelitian. (5) Kajian penelitian dapat dikembangkan menjadi bahan ajar pada materi pembelajaran geografi untuk SMA Kelas XI Semester I pada materi Pengelolaan Sumberdaya Alam Indonesia.

Kata Kunci : wisata, potensi, kesesuaian kawasan, daya dukung fungsi lindung, pengembangan