Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) untuk Meningkatan Hasil Belajar Under Basket Shoot Permainan Bolabasket pada Peserta Didik Kelas XII IPA 4 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2018/2019


Oleh :
Erni Setyorini - K4614039 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar under basket shoot permainan bolabasket pada peserta didik kelas XII IPA4 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan.Subjek adalah peserta didik kelas XII IPA4 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar berjumlah 36 peserta didik yang terdiri dari 10 peserta didikputra26 peserta didikputri. Sumber data dari penelitian ini berasal dari peserta didik, peneliti dan guru.Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, penilaiandan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif dengan tekhnik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh sebagai berikut : padaprasiklusaspek pengetahuan peserta didik yang tuntas adalah 17 peserta didik atau 47%, sedangkan pada aspek keterampilan peserta didik yang tuntas adalah 19 peserta didik atau 53%, pada siklus I aspek pengetahuan peserta didik yang tuntas adalah 28 peserta didik atau 78%, dan pada aspek keterampilan peserta didik yang tuntas adalah 25 peserta didik atau 70%,sedangkan pada siklus II pada aspek pengetahuan  peserta didik yang tuntas adalah 31peserta didik atau86%, dan pada aspek keterampilan  peserta didik yang tuntas adalah30 peserta didik atau 83% sedangkan 6 peserta didik lainnya belum tuntas.
Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament)dapat meningkatkan hasil belajar under basket shootpada peserta didik kelas XII IPA 4 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2018/2019.