Abstrak


Transitivitas pada Teks Produk Hukum Undang-Undang Perdata Al-Qanunul-Arabiyyul-Muwach-Chadu Lil-Ijraatil- Jazaiyyah


Oleh :
Khaerul Umam - C1014021 - Fak. Ilmu Budaya

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan transitivitas pada klausa penyusun undang-undang Al-Qanunul-Arabiyyul-Muwach-Chadu Lil-Ijraatil- Jazaiyyah (QAMLIJ), yang berupaproses,partisipan, serta sirkumstan.Transitivitas merupakan salah satu bentuk dari metafungsi bahasa yaitu fungsi ideasional yang digambarkan pada tataran gramatika. Proses merupakan penafsiran pengalaman kita tentang kejadian-kejadian ke dalam sejumlah kecil jenis tata bahasa yang berbeda.Partisipan bisa digambarkan sebagai sesuatu yang terikat dengan proses.Sirkumstan memberikan informasi detail tentang rentang, lokasi, cara, sebab, kemungkinan, penyerta, peran, masalah dan sudut pandang.
Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data pada penelitian ini merupakan klausa penyusun undang-undang perdata QAMLIJ. Tahap penyediaan data dimulai denganpencatatan klausamelalui media elektronik, klasifikasi data didasarkan pada jenis proses, partisipan, serta sirkumstan.Pada tahap analisis data, peneliti menggunakan metode agih dengan teknik dasar yaitu bagi unsur langsung (BUL) dan menggunakan teknik baca markah sebagai teknik lanjutan. Peneliti memilah pasal penyususun undang-undang QAMLIJ menjadi beberapa klausa, tiap klausa penyusun pasal dipilah berdasarkan proses, partisipan, serta sirkumstan. Sesudah data melalui tahap analisis, hasil dari penelitian disajikan melalui cara formal maupun informal.
Pada penulisan ini penulis menemukan sebanyak 90 proses padadata penelitian, yang berupa proses material, proses verbal, proses mental, proses behavioral, proses eksistensial, dan proses relasional. Penulis juga menemukan sebanyak 96 penggunaan partisipan pada data, yakni partisipan actor, partisipan goal, partisipansayer, partisipan senser, partisipan phenomenon, partisipan behavior, partisipan existent, partisipan atribut dan penyandang. Pada penulisan ini penulis menemukan sebanyak 86 penggunaan sirkumstan pada data, sirkumstan rentang, sirkumstan lokasi, sirkumstan cara, sirkumstan sebab, sirkumstan penyerta, sirkumstan peran, sirkumstan masalah, akan tetapi tidak ditemukan sirkumstan kemungkinan dan sirkumstan sudut pandang.