Abstrak


Perbedaan Pengetahuan Alat Pelindung Diri (APD) dan Kepatuhan Penggunaan APD Sebelum dan Sesudah Intervensi Penyuluhan Tentang APD (Studi Pada Pekerja Unit Mekanik PT Indo Acidatama Tbk)


Oleh :
Suci Wulaningrum - R0214096 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Latar Belakang: Pesatnya pertumbuhan industri di era pembangunan  berkelanjutan Susitanable Development Goals (SDG’s) menuntut peningkatan kinerja dan kualitas pekerja yang produktif. Pekerjaan di industri kimia menuntut ketelitian yang cukup tinggi, target kinerja yang tinggi dengan tingkat resiko bahaya yang ditimbulkan dari proses kerja sangat tinggi yang dapat menyebabkan angka kecelakaan kerja tinggi apabila bekerja tidak sesuai dengan prosedur kerja. Salah satu metode penanggulangan angka kecelakaan kerja adalah dengan bekerja sesuai dengan SOP dan memakai alat pelindung diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan APD dan kepatuhan penggunaan APD sebelum dan setelah dilakukan intervensi penyuluhan APD pada pekerja unit Mekanik PT Indo Acidatama Tbk.    
Metode : Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian rancangan pra  eksperimen dengan jenis pendekatan one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja bagian unit Mekanik PT Indo Acidatama Tbk. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dan ditetapkan sampel sebanyak 34 sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelit ian ini adalah kuesioner pretest dan posttest dan checklist kepatuhan penggunaan APD. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon dengan menggunakan software SPSS versi 19.0.
Hasil : Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah intervensi penyuluhan (p value = 0,034). Dan hasil analisis bivariat menunjukkan adanya perbedaan tingkat kepatuhan pekerja dalam penggunaan APD sebelum dan sesudah penyuluhan (p value = 0,002)
Simpulan : Terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan dan kepatuhan sebelum dann setelah intervensi penyuluhan tentang APD.

Kata Kunci : Pengetahuan, Kepatuhan, Penyuluhan