Abstrak


Analisis Niat Beli Online Masker Kefir Susu berdasarkan Theory of Planned Behaviour


Oleh :
Lintang Krisna Jati - H0813103 - Fak. Pertanian

Perkembangan ilmu teknologi dan komunikasi menjadikan munculnya kegiatan jual  beli  secara online  (e-commerce). Dari  132,7  juta orang  yang menggunakan internet di Indonesia, hanya sebesar 84,2 juta orang yang pernah melakukan transaksi jual beli secara online. Dari berbagai barang dan jasa yang dijual di internet, tercatat menurut APJII 2016 sebesar 3,5% nya pernah membeli produk kecantikan secara online. Masker kefir susu merupakan salah satu produk kecantikan yang mayoritas pemasaran dan penjualanya dilakukan secara online. Maraknya trend belanja online menjadikan banyak bermunculan produsen dan toko online masker kefir susu yang bermunculan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kepercayaan konsumen terhadap sikap konsumen dalam menentukan niat beli online masker kefir susu, serta mnengetahui pengaruh antara sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku terhadap  niat  beli  online  masker  kefir  susu.  Metode  dasar  penelitian  ini  adalah analisis deskriptif. Penentuan produk penelitian dilakukan secara sengaja. Metode penentuan responden  pada  penelitian  ini  dilakukan  secara sengaja, terbatas  pada orang yang pernah melakukan pembelian masker kefir susu secara online minimal 1 kali. Responden pada penelitian ini diperoleh dari penyebaran link kuesioner kepada resonden melali media sosial facebook dan instagram. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data penelitian ini menggunakan metode SEM dan alat analisis PLS. Olah data dilkaukan dengan software SmartPLS.versi3, dengan mengukur outer model, inner model serta uji hipotesis.
Hasil penelitian pada uji bootstrapping menggunakan SmartPLS.versi3 menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan dan sikap. 2) terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dan niat beli masker kefir susu secara online. 3) terdapat hubungan yang signifikan antara norma subyektif dan niat  beli  online  masker  kefir  susu.  4)  terdapat  hubungan  yang  signifikan  antara kontrol perilaku dan niat beli masker kefir susu secara online. Penelitian ini memiliki 2 variabel endogen yaitu sikap dan niat beli yang keduanya memiliki predictive relevance serta. Nilai R-square dari variabel endogen sikap konsumen dan niat beli menunjukan model memiliki derajat kekuatan yang moderat.