Abstrak


Pengaruh Dukungan Organisasional pada Kreativitas dengan Lingkungan Kerja sebagai Mediator (Studi pada Karyawan Tiga Serangkai Grup Surakarta)


Oleh :
Ulfi Siti Nihaya - F0214107 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) Pengaruh positif dukungan organisaional pada lingkungan kerja. 2) Pengaruh positif lingkungan kerja pada kreativitas 3) Peran mediasi dari lingkungan kerja pada hubungan antara dukungan organisasional dengan kreativitas. 4) Peran mediasi motivasi dan berbagi pengetahuan pada hubungan antara keadilan prosedural dengan promosi.
Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan Tiga Serangkai Grup sejumlah 200 karyawan. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan uji instrumen berupa uji validitas dengan metode Confirmatory Factor Analysis dan uji reliabilitas dengan metode Cronbach’s Alpha. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Stuctural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program AMOS 22. Pengujian mediasi dalam penelitian ini menggunakan penghitungan rumus Sobel Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dukungan organisasional berpengaruh positif dan signifikan pada lingkungan kerja. 2) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan pada kreativitas. 3) Lingkungan kerja tidak memediasi pengaruh dukungan organisasional pada kreativitas. 4) Motivasi tidak memediasi pengaruh keadilan prosedural pada promosi. 5) Berbagi pengetahuan memediasi pengaruh keadilan prosedural pada promosi.

Kata kunci : Dukungan Organisasional, Lingkungan Kerja, Kreativitas, Keadilan Prosedural, Motivasi, Berbagi Pengetahuan, Promosi.