Abstrak


Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Meleting melalui Pendekatan Bermain pada Peserta Didik Kelas VIII G SMP Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018


Oleh :
Pamungkas Yulian Effendi - K4614066 - Fak. KIP

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya melenting pada peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas  (PTK).  Penelitian  ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 8 Surakarta yang berjumlah 32 peserta didik yang terdiri dari 15 peserta didik putra dan 17 peserta didik putri. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif   kualitatif   dengan   menggunakan   teknik   persentase   untuk   melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: hasil belajar lompat jauh gaya melenting peserta didik pada Siklus I dari 32 peserta didik mencapai 56. 25% atau sebanyak 18 peserta didik sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 81. 25% atau sebanyak 26 peserta didik sedangkan 6 peserta didik lainnya belum tuntas dengan KKM 75.
Hasil data penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya melenting pada  peserta  didik  kelas  VIII  G  SMP  Negeri  8  Surakarta  Tahun  Pelajaran 2017/2018.