Abstrak


Pengaruh Negara Asal Produk Dan Pengetahuan Produk Terhadap Niat Beli Dengan Sikap Konsumen Sebagai Mediator, Dan Etnosentris Sebagai Moderator Pada Pembelian Produk Sepatu Lokal


Oleh :
Muhammad Alimroni - F1215036 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mecari tahu ada atau tidak alasan seseorang berniat membeli produk sepatu lokal karena alasan negara asal produk (country of origin) dan pengetahuan produk, dengan mediasi sikap konsumen, dan sikap etnosentris sebagai moderasi. Penelitian ini membatasi studi hanya konsumen yang datang di sebuah pameran di Jakarta.
Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui kuesioner yang diberikan kepada responden. Sampel terdiri dari 200 orang dengan menggunakan teknik acidental sampling. Penelitian ini menggunakan analisis SEM AMOS untuk menguji hubungan antar variabel.
Berdasarkan dari hasil analisis SEM didapati bahwa negara asal produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, pengetahuan produk tidap berpeengaruh terhadap sikap, sikap berpengaruh signifikan dan positif terhadap niat beli, Sikap hanya memediasi pengaruh negara asal produk terhadap niat beli tetapi tidak memediasi pengaruh pengetahuan produk terhadap niat beli, Etnocentrisme memoderasi rpengaruh country of orogin terhadap niat beli.
Dalam penelitian ini peneliti harus mencari responden dari kalangan yang sudah memiliki banyak pengetahuan, dan memiliki rasa Nasionalisma, cinta tanah air agar bisa memahami maksut dari penelitian ini. Juga terbatasi oleh hanya responden yang datang ke pameran produk lokal saja yang kami teliti