;

Abstrak


Faktor Anthropometri dan Kesegaran Jasmani Penentu Kemampuan Dribbling dan Passing Futsal (Analisis Faktor Dominan Penentu Kemampuan Dribbling dan Passing Futsal Siswa Usia 12-15 Tahun Pembinaan Ekstrakurikuler Futsal SMP di Surakarta)


Oleh :
Nizamuddin Nur Ramadaniawan - A121608039 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor anthropometri dan kesegaran jasmani  yang  dominan penentu kemampuan dribbling dan passing futsal siswa Usia 12-15 Tahun.

Populasi penelitian ini yaitu seluruh pemain Ekstrakurikuler futsal  yang berada di Surakarta. Sampel sebanyak 50 siswa. Diperoleh melalui teknik Simple   random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Metode penelitian ini melalui pengujian analisis faktor konfirmatori dengan bantuan program SPSS dan AMOS 21.

Hasil pengujian hipotesis terbukti bahwa keseluruhan faktor anthropometri dan kesegaran jasmani mempunyai hubungan terhadap kemampuan dribbling dan passing futsal. Berdasarkan hasil penelitian ini diambil kesimpulan bahwa dari kedelapan faktor anthropometri  dan  kesegaran  jasmani  yang  diteliti  dan  mendukung  kemampuan dribbling dan passing futsal berturut-turut adalah (1) Panjang telapak kaki dengan nilai standardized regression weight sebesar 0,689, (2) Koordinasi dengan nilai standardized regression weight sebesar 0,453, (3) Kelincahan dengan nilai standardized regression weight sebesar sebear 0,324, (4) Kecepatan dengan nilai standardized regression weight sebesar 0,237, (5) Daya  tahan dengan  nilai standardized regression weight  sebesar
0,229, (6) Kelentukan dengan nilai standardized regression weight sebesar 0,220, (7) Keseimbangan dengan nilai standardized regression weight sebesar 0,193, (8) Panjang tungkai dengan nilai standardized regression weight sebesar -726.

Simpulan  dalam  penelitian  ini  adalah  faktor  dominan  yang  menentukan dribbling  dan  passing  futsal  usia  12-15  tahun adalah  panjang  telapak  kaki  dengan dengan nilai standardized regression weight sebesar 0,689.

Kata Kunci : Anthropometry, Kesegaran Jasmani, Dribbling Passing Futsal, Analisis  Konfirmatori