Abstrak


Kajian kriminologi Pelaku perdagangan ilegal satwa liar di indonesia


Oleh :
Wildanu Syahril Guntur - E0014420 - Fak. Hukum

ABSTRAK

Wildanu Syahril Guntur. E0014420. KAJIAN KRIMINOLOGI PELAKU PERDAGANGAN ILEGAL SATWA LIAR DI INDONESIA. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang menyebabkan perdagangan ilegal satwa liar dan upaya penanggulangan perdagangan ilegal satwa liar di Indonesia.
    Penelitian hukum ini menggunakan penelitian empiris yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dengan metode kualitatif yaitu analisis terhadap data-data atau bahan-bahan hukum yang berkualitas saja. Jenis dan sumber bahan hukum terdiri dari terdiri dari data primer yakni data yang diperoleh secara langsung di lapangan dengan wawancara, dan data sekunder berasal dari telaah kepustakaan dan literatur. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kulitatif dengan menggunakan, mengelompokan, dan menyeleksi data yang diperoleh dari penelitian lapangan, kemudian dihubungkan dengan teori – teori, asas – asas, dan kaidah – kaidah hukum yang diperoleh dari studi kepustakaan.
    Berdasarkan hasil penelitian faktor utama yang menjadi penyebab perdagangan ilegal satwa liar di Indonesia yaitu faktor ekonomi dan faktor lingkungan. Penanggulangan terhadap perdagangan ilegal satwa liar dilakukan  dengan advokasi peraturan dan perundang-undangan  serta keterlibatan aktif  masyarakat dan pihak-pihak lain dalam kampanye dan edukasi tentang satwa liar.

 
Kata Kunci: Kriminologi, Perdagangan Ilegal Satwa liar