Abstrak


Perhitungan Tenaga Listrik Kendaraan Roda Tiga Dengan Teknologi Rear Steering


Oleh :
Wahyu Ari Nugroho - I8615042 - Fak. Teknik

PERHITUNGAN TENAGA LISTRIK KENDARAAN RODA TIGA DENGAN TEKNOLOGI REAR STEERING


Oleh : Wahyu Ari Nugroho

ABSTRAK

Proyek akhir ini berisi perencanaan dan pembuatan Kendaraan listrik roda tiga dengan teknologi rear steering. Latar belakang proyek akhir ini adalah kebutuhan bahan bakar minyak yang semakin meningkat dan kadar polusi akibat pembakaran bahan bakar minyak. Kendaraan ini diharakan lebih ramah lingkungan dan mengurangi pencemaran udara serta mengurangi ketergantungan bahan bakar minyak.
Tujuan dari proyek akhir ini menghitung tenaga penggerak listrik Kendaraan roda tiga dengan teknologi rear steering. Metode pengumpulan data proyek akhir meliputi kajian pustaka yang diambil dari karya ilmiah, internet, dan e-book. Tahap selanjutnya adalah perencanaan dan perancangan untuk menentukan komponen- komponen yang akan digunakan pada proyek akhir ini. Tahap terakhir yaitu proses perakitan rangkaian kelistrikan dan perhitungan.
Komponen listrik Kendaraan roda tiga dengan teknologi rear steering menggunakan dua buah penggerak listrik motor DC, baterai lithium 48V 12 Ah, controller dan throtle gas. Daya satu motor yang ada pada kendaraan sebesar 350
W. Dalam medan kemiringan jalan 100 dapat melaju dengan daya 625,28 Watt dan kecepatannya 7,5 km/jam.

Kata kunci: Kendaraan listrik roda tiga dengan teknologi rear steering, sistem penggerak listrik, motor DC 48V 350W