Abstrak


Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengunjung Menggunakan Sepeda Sewa Di Kawasan Wisata Budaya Kota Surakarta (Studi Kasus Keraton Surakarta, Benteng Vastenburg, Dan Pura Mangkunegaran)


Oleh :
Paramita Tri Mulyaning Sari - I0114093 - Fak. Teknik

ABSTRAK

Paramita Tri Mulyaning Sari, 2018, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengunjung Menggunakan Sepeda Sewa di Kawasan Wisata Budaya Kota Surakarta. Skripsi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Transportasi merupakan salah satu sektor penyumbang terbesar gas rumah kaca. Salah satu langkah untuk mengurangi gas rumah kaca adalah dengan menyediakan pemilihan moda transportasi ramah lingkungan seperti sepeda. Konsep Green City  Kota Surakarta menjadikan green transportation sebagai salah satu kebijakan. Sebagai kota wisata, Kota Surakarta berencana menawarkan sepeda sewa untuk kepentingan wisata. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan faktor-faktor yang mempengaruhi pengunjung untuk menggunakan sepeda sewa di kawasan wisata budaya kota Surakarta.
Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik non random sampling kepada 100 responden pengunjung tempat wisata Keraton Surakarta, Benteng Vastenburg, dan Pura Mangkunegaran. Kuesioner diberikan dengan cara wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor metode principal component analysis (PCA). Metode PCA merupakan teknik untuk mereduksi data dari variabel awal menjadi faktor baru yang jumlahnya lebih sedikit dari variabel awal.
Berdasarkan analisis dari 22 variabel terbentuk 8 faktor baru yang mempengaruhi pengunjung menggunakan sepeda sewa di kawasan wisata budaya Kota Surakarta yaitu operasional sepeda sewa, keselamatan pengguna sepeda sewa, kondisi pendukung,  fasilitas sepeda, keterjangkauan jarak dan biaya, sistem penyewaan sepeda, dan kejelasan biaya sewa sepeda.
Kata kunci : sepeda sewa, wisata, green transportation, principal component analysis (PCA).