Abstrak


Analisis Faktor-Faktor Pengalaman Konsumen sebagai Pembentuk Niat Berkunjung Kembali (Studi pada Restoran Tradisional Wedangan di Surakarta)


Oleh :
Indrawan Sadzaly Muhammad - F0213052 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengalaman konsumen yang meliputi kualitas hidangan, lingkungan fisik, interaksi dengan karyawan, keragaman  menu, adanya interaksi dengan konsumen lain, dan emosi di  dalam restoran. Penelitian  ini dilakukan di  7 restoran tradisional wedangan di  Surakarta. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen restoran tradisional wedangan di Surakarta dengan jumlah sampel sebanyak 165 konsumen.  Teknik  pengambilan  sampel  yang  digunakan  adalah non-probability sampling. Metode pengambilan data responden pada penelitian ini menggunakan kuesioner.  
Hipotesis pada penelitian ini  diuji  menggunakan teknik analisis Partial Least   Square. Variabel  dalam  penelitian  ini  terdiri  dari   kualitas hidangan, lingkungan fisik,  interaksi dengan karyawan, keragman menu, adanya interaksi dengan konsumen lain,  dan emosi di dalam restoran sebagai variabel independen, kepuasan konsumen  sebagai  variabel mediasi, dan kinerja niat berkunjung kembali sebagai vari abel dependen.
Hasil penelitian ini menunj ukkan bahwa  variabel kualitas hidangan, adanya interaksi dengan konsumen lain, dan emosi di  dalam restoran berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan konsumen. Lingkungan fisik, interaksi dengan karyawan, dan  keragman menu tidak berpengaruh signifikan pada kepuasan konsumen. Hasil mediasi menunjukan bahwa kepuasan konsumen memediasi secara penuh pengaruh pengalaman konsumen pada niat berkunjung kembali.

Kata  Kunci:   kualitas hi dangan, lingkungan fisik, int eraksi dengan karyawan, keragman menu, adanya interaksi dengan konsumen lain, emosi di dalam restoran, kepuasan konsumen, niat berkunjung kembali