;

Abstrak


Representasi Perempuan dalam Dewan Komisaris, Konsentrasi Kepemilikan, dan Kebijakan Dividen pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia


Oleh :
Muhammad Harris Kristianto - S411608018 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris tentang  pengaruh representasi perempuan dalam dewan komisaris dan konsentrasi kepemilikan terhadap kebijakan dividen untuk perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI).Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 309 perusahaan yang terdaftar dalam bursa efek Indonesia untuk tahun fiskal yang berakhir tanggal 31 Desember 2014 sampai 2016. Representasi perempuan di ukur dengan dummy, yaitu 1 untuk komisaris perempuan dan 0 untuk komisaris laki-laki. Konsentrasi kepemilikan diukur dengan indeks herfindahl, sedangkan kebijakan dividen diukur dengan rasio pembayaran dividen, yaitu perbandingan antara dividen yang dibagikan dengan laba bersih tahun berjalan. Data yang digunakan untuk penelitian ini didapat dari ICMD, database BEI, dan laporan tahunan perusahaan.
Penelitian ini menemukan bahwa, representasi perempuan dalam dewan komisaris dan konsentrasi kepemilikan berpengaruh secara positif terhadap kebijakan dividen. Penelitian ini memberikan bukti yang lebih lanjut tentang pengaruh representasi perempuan dalam struktur dewan komisaris dan konsentrasi kepemilikan dalam kebijakan dividen menggunakan data dari Indonesia. Temuan yang dilaporankan pada penelitian ini memberikan wawasan baru terhadap literatur empiris akuntansi keuangan.

Kata Kunci: Representasi perempuan, Kebijakan dividen, Konsentrasi Kepemilikan