Abstrak


Pengembangan Panduan Bimbingan Keterampilan Membangun dan Mem-pertahankan Hubungan Pertemanan yang Bermakna melalui Teknik Modeling and Role-Playing pada Peserta Didik SMP


Oleh :
Bonifacio Yanuar Putra Andyantoro - K3113012 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kajian teoritik mengenai teknik modeling and role-playing untuk meningkatkan keterampilan membangun dan mempertahan hubungan pertemanan yang bermakna dan menghasilkan prototipe-1 panduan pengembangan keterampilan membangun dan memper- tahankan hubungan pertemanan yang bermakna melalui Teknik role playing and modeling yang dapat digunakan oleh guru Bimbingan dan Konseling.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan desain dari Borg and Gall. Penelitian ini hanya sampai pada tahap ke-3 yaitu tahap  pembuatan  produk.  Pengumpulan  data dilakukan  dengan  angket  tingkat kebutuhan dan kepentingan peserta didik. Data tersebut diperoleh dari peserta didik, guru BK, dan orang tua. Persentase kebutuhan dan kepentingan tertinggi akan dijadikan judul penelitian ini.
Hasil penelitian ini adalah sebai berikut. Pertama, kajian empirik yang memuat hasil survei yang dilakukan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas  Sebelas  Maret  angkatan  2012  yang  tergabung  dalam  penelitian payung diperoleh data tingkat kebutuhan dan kepentingan peserta didik sebanyak 1680 (54,04%) dari 3109 responden menganggap sangat membutuhkan dan sebanyak 1684 (54,17%) responden menganggap sangat penting terhadap pengembangan keterampilan membangun dan mempertahankan hubungan pertemanan yang bermkna. Kedua, kajian teoritik yang telah dilakukan diperoleh data mengenai pengertian pertemanan yang bermakna, aspek persahabatan yang bermakna, fungsi teman sebaya, pengertian teknik modeling and role-playing, dan langkah – langkah teknik modeling and role-playing. Ketiga, berdasarkan kajian teoritik dan empirik disusunlah produk berupa buku Panduan Keterampilan Membangun   dan   Mempertahankan   Hubungan   Pertemanan   yang   Bermakna Melalui Teknik Modeling and Role-Playing pada Peserta Didik SMP. Produk yang dihasilkan berupa buku panduan yang akan digunakan oleh guru BK dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang akan digunakan oleh peserta didik.
Simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peneliti yang selanjutnya, yang berminat untuk mengembangkan pandauan yang akan diuji kevaliditasan, keefektifan, dan kepraktisannya.