Abstrak


Pembuatan Game 3d Virtual Reality: Eksplorasi Bus Tingkat Werkudara di Surakarta Berbasis Android


Oleh :
Finza Anshari Ariyani - M3115058 - Fak. MIPA

 

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi menggunakan teknologi virtual reality dengan membuat bentuk virtual dari Bus Tingkat Werkudara dan beberapa tempat wisata di Kota Surakarta, aplikasi ini dibuat sebagai media promosi dan meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap wisata yang terdapat di Kota Surakarta.

Penelitian ini menggunakan teknologi Virtual Reality dengan bertemakan sejarah, pemahaman dan pengembangan wisata yang ada di Kota Surakarta dan transportasi Bus Tingkat Werkudara. Objek yang diambil yaitu Bus Tingkat Werkudara, Taman Sriwedari, Gladak dan Taman Satwa Taru Jurug. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi ke Dinas Perhubungan Kota Surakarta selaku pengelola Bus Tingkat Werkudara. Observasi ini digunakan untuk kelengkapan deskripsi yang digunakan untuk parameter dan software utama yang penulis gunakan adalah Unity 3D Game Engine.

Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi Virtual Reality Bus Tingkat Werkudara berbentuk file apk yang dijalankan pada perangkat android yang memiliki sensor gyroscope. Hasil pengujian terhadap responden menyatakan bahwa aplikasi ini sangat baik. Aplikasi Virtual Reality Bus Tingkat Werkudara ini dapat berjalan optimal pada smartphone dengan spesifikasi minimal Quad- Core  1.2  GHz  dengan  RAM  minimal  2  GB  Virtual Reality  Bus  Tingkat Werkudara diharapkan mampu memberikan suasana Kota Surakarta dalam bentuk visual sesuai dengan aslinya, serta tambahan game pada aplikasi diharapkan mampu memberikan hiburan bagi pengguna.

Kata Kunci: Virtual Reality, 3D, Android, Bus Tingkat Werkudara, Game