Abstrak


Desain Interior Islamic Music Centre dengan Konsep Kontemporer Rustic di Surakarta


Oleh :
M. Cholid Arba’in - C0808032 - Fak. Seni Rupa dan Desain

ABSTRAK

2018.Desain Interior Islamic Music Center dengan konsep Kontemporer Rustik di Surakarta bertujuan untuk menerapkan nilai fungsi dan tema yang diangkat. Tempat ini berfungsi sebagai pusat informasi terlengkap meliputi nilai edukasi, rekreasi dan dakwah. Serta berfungsi juga sebagai tempat berkumpulnya para pelaku, pengemar sakaligus penikmat musik islami di daerah Surakarta.

Penerapan sistem akustik pada studio musik dan auditorium dikerjakan dengan menambahkan dinding pelapis yang terbuat dari berbagai lapisan seperti glasswoll dan karpet sebagai penyerap bunyi dan memanfaatkan material kayu tanpa finishing sebagai pemantul bunyi sekaligus menjadi hiasan ruangan. Hal ini bertujuan agar pendistribusian suara dapat diterima oleh pengunjung dengan baik.

Perancangan Islamic Music Center ini menggunakan tema Kontemporer Rustik.  Kontemporer  menggambarkan  modern,  memiliki  bukaan  sederhana, warna-warna  yang netral   serta keanekaragaman  aksen, permainan garis  yang tegas dan lengkung, pola serta tekstur. Gaya rustik lebih menonjolkan kondisi apa adanya dari suatu bahan material yang diterapkan untuk memberikan kesan alami (natural).

Ide gagasan yang akan digunakan dalam perencanaan dan perancangan interior Islamic Music Center ini adalah dari bentuk geometris unsur islami. Unsur islami itu sendiri mempunyai banyak macamnya dari yang membentuk garis simetris dan kaligrafi. Dalam penerapannya bisa menjadi aksen atau unsur estetis dalam sebuah ruangan.

Suasana yang terbentuk pada Islamic Music Centerini menyesuaikan dengan gaya bangunan timur tengah dipadukan dengan kota Surakarta yang mengangkat sisi budayanya. Dengan didasarkan  oleh ide gagasan dari  bentuk geometris unsur islami tersebut. Karakter ini muncul dari perpaduan antara pengunaan bahan bangunan tanpa finishing dan furniture modern yang menjadi pengisinya serta penerapan warna netral di setiap ruang. Dalam menciptakan suasana ruang yang sesuai dengan tema maka penataan ruangnya pun dirancang dari perpaduan unsur interior tersebut di atas.