Abstrak


Pengembangan E-Vocational Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Program CAD 2D dengan Materi Membuat Denah dan Tampak Rumah Tinggal


Oleh :
Danang Mursito - K1514022 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan E-Vocational sebagai media pembelajaran pada mata kuliah program CAD 2D dengan materi membuat denah dan tampakrumahtinggal. (2) mengetahui tingkat kelayakan E-Vocational sebagai media pembelajaran pada mata kuliah program CAD 2D dengan materi membuat denah dan tampakrumahtinggal.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian riset dan pengembangan, dengan melakukan pengembangan E-Vocationalsebagai media pembelajaran. Prosedur pengembangan media pembelajaran dilakukan melalui: (1) Tahap studipendahuluan dilakukan dengan studi literatur dan studi lapangan.(2)Tahap pengembangan dengan melakukan pengkajianmateriprogram CAD 2D yang mengacupada RPS. Kemudian pembuatan desain model yang dibagi menjadi 6 bagian diantaranya: menyusun draft materi, pembuatan media E-Vocational, membuat materi, pembuatan serta editing video pembelajaran, upload materi dan video pembelajaran pada E-Vocational, dan media E-Vocational siap digunakan sebagai media pembelajaran.Selanjutnya melakukan validasi kepada para ahli materi, media dan pembelajaran untuk menilai kelayakan media yang dibuat. Selanjutnya uji coba terbatas dengan 3 mahasiswa dan uji coba luas kepada 30 mahasiswa PTB FKIP UNS tahun angkatan 2015. (3) Tahap evaluasi merupakan tahap akhir dari proses pengembangan terkait model pemakaianE-Vocational sebagai media pembelajaran pada mata kuliah program CAD 2D dengan materi membuat denah dan tampak rumah tinggal.