Abstrak


Peningkatan Hasil Belajar Administrasi Keuangan Melalui Strategi Active Knowledge Sharing Menggunakan Media Peerwise pada Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran 2


Oleh :
Ika Cahya Kurniawati - K7514029 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar   siswa   kelas   XI   Administrasi   Perkantoran   2   pada   mata   pelajaran administrasi keuangan di SMK Negeri 1 Karanganyar melalui penerapan strategi active knowledge sharing dengan menggunakan media peerwise.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitan Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran administrasi keuangan dan siswa kelas XI AP 2 di SMK Negeri 1 Karanganyar. Data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Sumber data penelitian ini adalah informan (guru dan siswa), peristiwa (proses pembelajaran) dan dokumen (Silabus, RPP dan lain-lain). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui beberapa kegiatan berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi sumber/data, trianggulasi metode dan validitas isi. Analisis data menggunakan teknik  analisis  diskriptif  komparatif  dan  analisis  kritis.  Prosedur  penelitian meliputi   tahap:   (a)   perencanaan   tindakan,   (b)   pelaksanaan   tindakan,   (c) pengamatan tindakan, dan (d) refleksi tindakan.
Berdasarkan  hasil  penelitian,  penerapan  strategi  pembelajaran  active knowledge sharing dengan menggunakan media peerwise dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti pada siklus I dan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan KKM 76. Pada pratindakan nilai rata-rata kelas pada ranah kognitif sebesar 77 dengan persentase ketuntasan 61%, pada ranah psikomotorik  sebesar  76  dengan  persentase  ketuntasan  72%  dan  pada  ranah afektif persentase ketuntasan 58%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan yaitu pada ranah kognitif 79,76 dengan persentase 78%, pada ranah psikomotorik 78 dengan persentase 81?n pada ranah afektif persentase 81%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat dibanding siklus I seperti ranah kognitif sebesar 83,58 dengan persentase 100%, ranah psikomotorik sebesar 80 dengan  persentase  100%  dan  ranah  afektif  persentase  100%  atau  minimal mendapat nilai B. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan strategi pembelajaran  active knowledge sharing  dengan  menggunakan  media  peerwise dapat menigkatkan hasil belajar administrasi keuangan siswa.