Abstrak


Pembuatan Aplikasi Virtual Reality Taman Pintar Yogyakarta Zona Budaya


Oleh :
Eliana Bhenedictus Subroto - M3115051 - Fak. MIPA

ABSTRAK

 

ELIANA, 2015. “PEMBUATAN APLIKASI VIRTUAL REALITY TAMAN PINTAR YOGYAKARTA ZONA BUDAYA”. Program Diploma III Teknik Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Taman Pintar Yogyakarta merupakan alternatif tempat yang dapat dikunjungi sebagai tempat wisata rekreasi maupun edukasi dalam satu lokasi. Maka, diperlukan adanya pengembangan aplikasi sebagai media alternatif yang layak  yang digunakan untuk membuat lebih menarik kepada wisatawan, serta sebagai promosi atau memperkenalkan tempat wisata edukasi.

Penulis menggunakan konsep teknologi vitual reality sebagai media pembuatan aplikasi Virtual Reality Taman Pintar Yogyakarta. Virtual reality merupakan media untuk mensimulasikan suatu objek agar dapat dijelajahi seperti dunia aslinya. Aplikasi ini akan memberikan gambar visual Taman Pintar Yogyakarta dan memberikan informasi kepada pengguna tentang objek yang ada pada zona budaya.

Melalui metode pengembangan aplikasi yang terdiri dari beberapa tahap serta dengan beberapa pengujian, semua komponen dalam aplikasi dapat berjalan dengan baik dalam perangkat mobile android. Dengan hasil pengujian yang didapat mayoritas koresponden setuju adanya aplikasi virtual reality yang dibuat didapat hasil 0% untuk opsi tidak baik, 1% untuk opsi kurang baik, 6% cukup baik, 72% untuk opsi baik dan 21% sangat baik.

Kata Kunci : Virtual Reality, Mobile, Android