Abstrak


Pembuatan Aplikasi Virtual Reality Taman Pintar Yogyakarta Zona Fisika


Oleh :
Zaida Nur Rohmawati - M3115146 - Fak. MIPA

INTISARI

 

ZAIDA NUR ROHMAWATI, 2015. “PEMBUATAN APLIKASI VIRTUAL REALITY TAMAN PINTAR YOGYAKARTA ZONA FISIKA”. Program Diploma III Teknik Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Taman Pintar Yogyakarta merupakan alternatif tempat yang bisa dikunjungi sebagai tempat wisata rekreasi maupun edukasi dalam satu lokasi. Pengenalan wisata Taman Pintar Yogyakarta dengan memasukkan materi zona-zona kedalam sebuah lingkungan berteknologi VR (Virtual Reality) dapat menjadikan pengenalan semakin menarik secara visual. Sampai saat ini aplikasi media pengenalan dan informasi wisata Taman Pintar Yogyakarta belum ada yang menerapkan konsep Virtual Reality dalam pengembangannya.
Oleh karena itu dibuatlah aplikasi menggunakan teknologi VR (Virtual Reality) Taman Pintar Yogyakarta Zona Fisika dengan bentuk file .apk yang dapat dijalankan pada perangkat android yang memiliki sensor gyroscope. Pembuatan aplikasi ini menggunakan beberapa software seperti Blender, Unity 3D, Corel Draw x7, dan Adobe Photoshop.
Berdasarkan hasil pengujian pengguna ditunjukkan dari hasil  kuisioner yang telah disebar sebelumnya melalui google formulir, dihasilkan sebanyak 30 tanggapan.  Hasil  kuisioner tersebut  terdapat  14,25?rpendapat  sangat  baik,
48,33?rpendapat baik, 36,75?rpendapat cukup baik dan 0,67?rpendapat kurang baik sehingga dapat disimpulkan pengujian pengguna sebagian besar berpendapat aplikasi sudah baik. Virtual Reality Zona Fisika Taman Pintar Yogyakarta diharapkan mampu menggambarkan secara virtual Taman Pintar di Yogyakarta, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif media promosi dan juga sebagai sarana pembelajaran yang interaktif.

Kata Kunci: Android, Unity Game Engine, Virtual Reality, Zona Fisika