Abstrak


Perbandingan Kuat Tekan dan Kuat Tarik Langsung Polymer Modified Mortar Berserat Agave Cantula ROXB dengan Polymer Modified Mortar Berserat Kaca


Oleh :
Bagas Prabowo - I0114020 - Fak. Teknik

Abstrak

Beton mempunyai beberapa kelebihan dan kelemahan. Kelebihan beton yaitu kuat terhadap tekan dan kekurangan beton adalah lemah terhadap tarik. Salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan beton terhadap gaya tarik adalah dengan menambahkan serat.
Serat yang akan digunakan pada penelitian ini ada dua yaitu serat alami dan serat fabrikasi. Serat alami berupa Agave Cantula Roxb dan serat fabrikasi berupa serat kaca. Serat yang akan dicampurkan ke dalam Polymer Modified Mortar (PMM) berupa serat pendek yang disebar secara acak. Penambahan serat ditinjau dari dua aspek yaitu berdasarkan panjang serat 1,0 cm, 1,5 cm, 2,0 cm, 2.5 cm, 3,0 cm dan aspek volume fraction 1%, 2?n 3?ri volume benda uji silinder. Umur pengujian benda uji untuk kuat tarik adalah 3 hari dan 28 hari dan untuk kuat tekan 3 hari, 7 hari dan 28 hari.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa serat alami memiliki nilai kuat tarik langsung tertinggi pada panjang serat 2,0 cm dan aspek volume fraction 3% sedangkan pada serat fabrikasi nilai kuat tarik tertinggi pada panjang serat 2,0 cm dan aspek volume fraction 2%. Untuk kuat tekan dan kuat tarik langsung dari Polymer Modified Mortar serat Agave Cantula Roxb tidak berbeda jauh dengan kuat tekan dan kuat tarik dari Polimer Modified Mortar berserat kaca.

Kata Kunci : serat Agave Cantula Roxb, beton serat, serat kaca,  panjang serat, volume fraction