Abstrak


Metafora Teks Berita Kolom Investigasi Dalam Tempo.Co


Oleh :
Indah Fauziah N. - C0214035 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK

Indah  Fauziah  N.  C0214035,  2018.  Metafora  Teks  Berita  Kolom  Investigasi dalam Tempo.co. Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Penggunaan frasa yang mengandung unsur metafora akan selalu dijumpai dan berkembang setiap waktu. Penggunaan metafora tersebut juga terlihat dalam kolom investigasi Tempo.co yang secara produktif memadukan kalimat yang mengandung metafora pada teks berita. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini meliputi: (1) jenis metafora yang digunakan pada berita kolom investigasi dalam Tempo.co dan (2) proses pembentukan metafora yang terdapat pada berita kolom investigasi dalam Tempo.co.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan jenis metafora yang digunakan  pada  kolom  investigasi  dalam  Tempo.co  dan  (2)  mendeskripsikan proses  pembentukan  metafora  yang banyak  digunakan  pada  kolom  investigasi dalam Tempo.co.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berbentuk deskriptif. Objek yang digunakan adalah metafora. Data dikumpulkan dengan  menggunakan  metode  simak  dengan  teknik  catat.  Data  penelitian  ini adalah kalimat yang mengandung metafora yang terdapat pada teks berita kolom investigasi dalam Tempo.co. Sumber data penelitian ini adalah kolom investigasi dalam laman berita daring Tempo.co. Data yang diperoleh dari sumber data diedit, diklasifikasikan, dan direduksi sebelum disajikan. Proses analisis meliputi usaha mendeskripsikan jenis metafora yang diklasifikasikan menurut teori Lakoff dan Johnson dan proses pembentukan metafora. Analisis data berakhir apabila semua data  telah  diklasifikasikan  menurut  tujuan  yang telah  ditetapkan  dan menghasilkan simpulan yang berisi keseluruhan hasil yang dapat menggambarkan pola metafora tertentu.
Dari analisis terhadap 105 buah data dapat ditarik simpulan, yaitu: (1) dari segi  jenis  metafora,  data  dalam  teks berita  kolom  investigasi  Tempo.co  dapat dikelompokkan  menjadi  tiga  jenis,  yaitu  metafora  struktural,  metafora orientasional, dan metafora ontologis, sedangkan dari proses pembentukan metafora, data dapat dikelompokkan menjadi metafora kreatif, metafora konvensional, dan metafora leksikal, (2) relasi antara sumber dan target dalam teks berita kolom investigasi Tempo.co berupa perbandingan antara kata metaforis yang dicitrakan dari suatu skema yang abstrak, seperti asosiasi dan sinestesia, (3) jenis metafora yang paling banyak digunakan yaitu metafora ontologis berjumlah
44 buah data, sedangkan proses pembentukan metafora yang paling banyak ditemukan yaitu metafora leksikal berjumlah 48 buah data.

Kata Kunci: metafora, investigasi, Tempo.co