Abstrak


Proses Kreatif Jujur Prananto dan Pengejawantahan Naskah Skenario Film Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara


Oleh :
Eka Kristina Anggasari - C0214022 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK


Latar belakang pemilihan topik penelitian adalah guna mengetahui latar belakang penciptaan skenario sekaligus hasil pengejawantahan skenario ketika sudah diaudiovisualkan.Permasalahan dalam penelitian ini adalah i) bagaimana proses  penangkapan  ide  agar  menjadi  konsep  cerita  sehingga  membentuk skenario;   dan ii) bagaimana keterlibatan Jujur Prananto dalam film. Tujuan penelitian ini adalah i) mendeskripsikan proses penangkapan ide agar menjadi sebuah konsep cerita sehingga membentuk skenario dan ii) mendeskripsikan keterlibatan Jujur Prananto dalam film Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara.
Metode   penelitian   ini   adalah   penelitian   kualitatif.   Objek   material penelitian ini adalah skenario film Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara.Sumber data penelitian ini adalah proses kreatif Jujur Prananto. Data berupa hasil wawancara dengan Jujur Prananto, skenario film Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara sebagai hasil dari proses kreatifnya, dan Gunawan Raharja selaku pemberi ide cerita.
Berdasarkan analisis menggunakan pendekatan ekspresif sebagai tahap untuk mengetahui (1). Proses penangkapan ide yang dibagi menjadi dua  meliputi; a. Latar belakang Jujur Prananto yang terdiri dari; pengaruh sastrawan lain, pengaruh lingkungan, dan gaya menulis Jujur Prananto. b. Proses penangkapan ide seperti munculnya inspirasi, menciptakan konflik dan penyelesaian yang logis, pengembangan karakter tokoh, dan pola tahapan dalam penulisan skenario film Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara. (2). Keterlibatan Jujur Prananto dalam film yaitu a. Perubahan Opening Scene. b. Perubahan latar tempat. c. Perubahan nama tokoh. d. dialog yang di skenario yang hilang ketika menjadi film. e. Pemotongan adegan.   f.  Kekuatan   karakter  tokoh.   g.   Perubahan   pemakaian  bahasa.   h. Perubahan  transisi  atau  perpindahan  gambar,  i.  Penggunaan  musik,  ilustrasi musik, efek suara, dan lagu.

Kata kunci: Jujur Prananto, Proses kreatif, skenario