Abstrak


Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Constructive Controversy dan Inkuiri Terbimbing Sesuai Representasi Tetrahedral Kimia terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis


Oleh :
Siti Khoirun Annisak - K3313068 - Fak. KIP

ABSTRAK


Materi  kimia  kelarutan  dan  hasil  kali  kelarutan  merupakan  salah  satu materi yang sulit sehingga dibutuhkan kemampuan berpikir kritis. Inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh penerapan model pembelajaran Constructive Controversy (CC) dan inkuiri terbimbing berdasarkan representasi  tetrahedral  kimia  terhadap  prestasi  belajar  siswa  pada  materi kelarutan dan hasil kali kelarutan; (2) pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan; (3) interaksi antara penerapan model pembelajaran CC dan inkuiri terbimbing berdasarkan representasi tetrahedral kimia dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Penelitian ini   menggunakan metode eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 dann XI MIA 4
SMA Negeri 1 Sragen yang diambil dengan teknik  cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan : (1) instrumen tes berpikir kritis dan aspek pengetahuan; (2) angket untuk mengukur prestasi sikap; dan (3) observasi untuk mengukur aspek sikap, ketrampilan, dan penerapan tetrahedral kimia. Analisis data menggunakan uji statistic parametrik ANAVA dan non parametrik Kruskal Wallis dengan bantuan software SPSS 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)  tidak ada pengaruh penerapan model pembelajaran CC dan inkuiri terbimbing berdasarkan representasi tetrahedral kimia terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap dan ketrampilan pada materi  kelarutan  dan  hasil  kali  kelarutan;  (2)  ada pengaruh kemampuan   berpikir   kritis   siswa   terhadap   prestasi   belajar   siswa   aspek pengetahuan tetapi tidak ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap aspek sikap dan ketrampilan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan; (3) tidak ada interaksi antara penerapan model pembelajaran CC dan inkuiri terbimbing berdasarkan representasi tetrahedral kimia dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap, dan ketrampilan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.

Kata kunci : Constructive Controversy (CC), Inkuiri terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, Representasi Tetrahedral Kimia.