Abstrak


Hubungan Intensitas Penggunaan Komunikasi Bermedia dengan Kehangatan dalam Pertemanan pada Remaja di Surakarta


Oleh :
Hasan Abdillah - G0114051 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Kehangatan adalah hal yang penting dalam hubungan pertemanan, dengan adanya kehangatan dalam pertemanan seseorang akan lebih mudah dalam bersosialisasi dan menyesuaikan diri. Salah satu hal yang dapat meningkatkan kehangatan dalam pertemanan adalah komunikasi. Komunikasi di era modern ini mengalami perubahan dari yang bersifat langsung menjadi tidak langsung, seperti menggunakan smartphone.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan komunikasi bermedia dengan kehangatan dalam pertemanan pada remaja di Surakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA di Surakarta yang berjumlah 16.692 orang. Teknik sampling yang dilakukan dengan multistage random sampling didapatkan sample berjumlah 254 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan Skala Kehangatan dalam Pertemana dengan nilai reliabilitas Alpha cronbach sebesar 0,836 dan Skala Intensitas Penggunaan Komunikasi Bermedia dengan nilai reliabilitas Alpha cronbach sebesar 0,863.
Hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana menunjukkan nilai korelasi (R) sebesar 0,458 dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0>Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan yang positif antara intensitas penggunaan komunikasi bermedia dengan kehangatan dalam pertemanan pada remaja di Surakarta. Penggunaan komunikasi bermedia dapat membuat pertemanan menjadi lebih hangat ketika komunikasi yang dilakukan bersifat mendalam dan berlangsung dalam waktu yang lama. Sebaliknya, apabila komunikasi yang dilakukan hanya secara singkat dan tidak bersifat mendalam maka hubungan pertemanan yang dimiliki seseorang cenderung tidak hangat.

Kata kunci: intensitas penggunaan komunikasi bermedia, kehangatan dalam pertemanan