Abstrak


Penerapan Pendekatan Taktis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Bolavoli pada Siswa Kelas XI IIS 1 SMA N 1 Banyudono Tahun ajaran 2017/2018


Oleh :
M. Gigih Prakoso - K4611072 - Fak. KIP

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar permainan bolavoli menggunakan model pendekatan taktis pada siswa Kelas XI IIS 1 SMA N 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IIS 1 yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 22 siswa putri . Sumber data berasal dari siswa, guru, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi atau arsip berupa foto. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik persentase. Prosedur penelitian adalah berupa siklus pembelajaran yang saling berkaitan.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar, peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II. Pada prasiklus hasil belajar permainan bolavoli jumlah yang tuntas adalah 17 siswa (53,125%) dan yang belum tuntas adalah 15 siswa (46,875%). Pada siklus I hasil belajar permainan bolavoli jumlah yang tuntas adalah 24 siswa (75%) dan yang belum tuntas adalah 8 siswa (25 %). Sedangkan pada siklus II hasil hasil belajar permainan bolavoli jumlah yang tuntas adalah 28 siswa (87,5%) dan yang belum tuntas adalah 4 siswa (12,5%). Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar permainan bolavoli telah mencapai target yang ingin dicapai  pada siklus II bahkan melebihi target.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran pendekatan taktis dapat meningkatkan hasil belajar permainan bolavoli pada siswa kelas XI IIS I SMA N 1 Banyudono Tahun ajaran 201672018.