Abstrak


Proses Pembelajaran Seni Hand Lettering Pada Komunitas “Surakarya” di Surakarta


Oleh :
Attika Puspa Aji - K3213013 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) latar belakang yang mendasari terbentuknya Komunitas Surakarya, (2) proses pembelajaran seni hand lettering  Komunitas  Surakarya,  (3) visualisasi  hasil  karya anggota  Komunitas Surakarya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dilaksanakan selama   2  bulan.  Sumber  data  yang  digunakan  adalah  informan, tempat dan peristiwa foto, arsip dan dokumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengamatan terlibat, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan review informan. Analisis data yang digunakan adalah model analisis flow.

Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Latar belakang yang mendasari terbetuknya Komunitas Surakarya adalah untuk membuat wadah bagi pecinta seni hand lettering di kota Surakarta dan adanya keinginan untuk belajar hand lettering
bersama di dalam sebuah komunitas. (2) Proses pembelajaran  yang dilakukan Komunitas Surakarya dilaksanakan melalui gathering dan melalui workshop. Pembelajaran melalui gathering dilakukan oleh anggota komunitas dengan proses pembelajaran diskusi dan sharing . Sementara proses pembelajaran melalui workshop dilakukan secara langsung dengan melakukan proses menggambar hand lettering bersama anggota maupun komunitas lain. Proses pembelajaran yang dilaksanakan Komunitas Surakarya menggunakan metode eksperimental, metode demonstrasi, metode ceramah, metode drill dan metode diskusi. Materi disampaikan dengan cara ceramah, demonstrasi dan diskusi, baik kelompok ataupun antar individu. Media pembelajaran yang digunakan yaitu contoh hasil karya hand lettering anggota, baik berupa hasil karya asli ataupun melalui foto, kertas print-out dari buku dan penjelasan dari pemateri. Evaluasi dilakukan dengan cara diskusi dan sharing. (3) Visualisasi hasil karya anggota Komunitas Surakarya mencakup prinsip desain, unsur visual, dan teknik.