Abstrak


Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Cash Holding Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016)


Oleh :
Yeyen Rufaidah - F0211101 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP CASH HOLDING PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE
2014-2016)

 


YEYEN RUFAIDAH NIM. F0211101

 

Pemerintah Indonesia sadar betul makna ramah lingkungan dan upaya pengurangan global warming, sehingga sepakat membuat aturan yang menjadi dasar pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan dan lingkungan, yaitu diterbitkan Undang-undang No. 40 tahun 2007 Pasal 74 ayat 1. Corporate Social Responsibility merupakan komitmen perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasinya untuk senantiasa memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat sosial dan lingkungan. Penerapan Corporate Social Responsibility oleh perusahaan dapat diwujudkan dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility yang disosialisasikan ke publik dalam laporan tahunan (annual report) perusahaan. Banyak faktor akan terpengaruh dengan adanya Corporate Social  Responsibility,  salah  satuya  adalah  cash  holding.  Laporan  corporate sosial responsibility dapat dianggap sebagai informasi ekstra-keuangan oleh investor ketika menentukan keputusan investasi yang akan mereka lakukan (Yeldar, 2013). Dengan menggunakan 56 perusahaan sebagai sample dan menggunakan  regresi  linier  berganda  sebagai  metode  analisis  data, menunjukkan  bahwa  nilai  t  hitung  bernilai  positif  yaitu  sebesar  2,882.  Hasil statistik uji t untuk  Corporate Social Responsibility diperoleh nilai signifikansi sebesar  0,004  dan  lebih  kecil  dari  0,05,  maka  dapat  disimpulkan  bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap Cash Holding.
Kata Kunci : Cash Holding, Corporate Social Responsibility