Abstrak


Optimasi Penjadwalan Jumlah Perawat dengan Menggunakan Linear Programming (Studi pada Instalasi Gawat Darurat RS PKU Muhammadiyah Surakarta)


Oleh :
Mustika Widyaningsih - F0214081 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK


OPTIMASI PENJADWALAN JUMLAH PERAWAT DENGAN MENGGUNAKAN
LINEAR PROGRAMMING
(Studi pada Instalasi Gawat Darurat RS PKU Muhammadiyah Surakarta)

 

 

Oleh:

MUSTIKA WIDYANINGSIH NIM. F0214081


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui optimasi keputusan penjadwalan jumlah perawat IGD RS PKU Muhammadiyah Surakarta dengan menggunakan pemrograman linear. Penyusunan jadwal jumlah perawat yang ditugaskan dengan metode ini dapat mengoptimalkan kinerja perawat dan menekan biaya yang dikeluarkan rumah sakit untuk gaji perawat dengan cara meminimalkan fungsi tujuan yaitu kebutuhan jumlah perawat yang efisien per shift. Dalam penelitian ini variabel yang digunakan adalah variabel keputusan jumlah  perawat  yang  bertugas.  Variabel keputusan  digunakan  untuk merumuskan fungsi tujuan dan fungsi kendala secara matematis.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan sumber data sekunder. Data dalam penelitian diperoleh dengan cara mengumpulkan data administratif di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Data yang digunakan merupakan data jumlah pasien IGD dan data kehadiran perawat IGD pada Bulan April 2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah pemrograman linier menggunakan excel solver dan SPSS.

Berdasarkan hasil solver, shift pagi membutuhkan minimal 8 orang perawat, shift siang membutuhkan 8 orang perawat, dan shift malam membutuhkan 12 orang perawat. Sedangkan berdasarkan hasil uji anova, diperoleh   nilai  signifikansi   (Sig.)  sebesar  0,829   >   0,05,   sehingga  dapat disimpulkan  bahwa  secara  statistik  rata-rata jumlah  perawat  dari ketiga  shift tersebut sama atau tidak ada perbedaan secara signifikan apabila RS menggunakan  12  atau  8  orang  perawat.  Namun  apabila  dilihat  dari  sudut pandang operasional selisih empat orang tersebut tentu berbeda karena akan menimbulkan biaya yang berbeda.

Kata Kunci:   Optimasi, Penjadwalan, Program Linear, Integer.