Abstrak


Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Kesejahteraan Guru dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS


Oleh :
Della Arsitta Putri - K7614015 - Fak. KIP

ABSTRAK

Della Arsitta Putri. K7614015. PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KESEJAHTERAAN GURU DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MENJADI GURU EKONOMI PADA MAHASISWA PROGRAM   STUDI   PENDIDIKAN   EKONOMI   FKIP   UNS.   Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Juli 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang kesejahteraan guru dan prestasi belajar terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan  Ekonomi  FKIP  UNS;  (2)  pengaruh  yang  positif  dan  signifikan persepsi mahasiswa tentang kesejahteraan guru terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS; (3) pengaruh yang positif dan signifikan prestasi belajar terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS.

Populasi   dalam   penelitian   ini   adalah   mahasiswa   Prodi   Pendidikan Ekonomi sebanyak 279 mahasiswa. Sampel yang terpilih dengan teknik pengambilan   sampel   proportional   random   sampling   yaitu   sebanyak   75 mahasiswa.   Penelitian ini digunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survai. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket untuk data persepsi mahasiswa tentang kesejahteraan guru dan minat menjadi guru ekonomi, serta teknik dokumentasi untuk data prestasi belajar. Analisis data digunakan adalah uji regresi linear berganda dengan taraf signifikan 0,05 data yang diperoleh akan diolah dengan bantuan program SPPS (Statistical Product and Service Solution) versi 22.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel persepsi mahasiswa tentang kesejahteraan guru dan prestasi belajar terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Hal ini ditunjukan dengan nilai Fhitung  > Ftabel  (30,337 > 3,124) dengan nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0> Ftabel (7,337 > 1,993) dengan nilai signifikansi (0,000 < 0> Ftabel (2,943> 1,993) dengan nilai signifikansi (0,004 < 0>

Kata  Kunci: persepsi  mahasiswa tentang kesejahteraan  guru, prestasi  belajar, minat menjadi guru ekonomi