Abstrak


Rancang Bangun Aplikasi Event Manager Berbasis Web Menggunakan Framework YII2


Oleh :
Khoirul Nuryahya - M3115077 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Saat ini ada banyak sekali event yang berkembang di masyarakat. Misalnya event konser musik, pameran, seminar, talkshow, dan sebagainya.  Pihak  penyelenggara  event  biasanya akan  memerlukan  banyak  sekali  media promosi atau periklanan agar event tersebut dapat diketahui diikuti masyarakat luas. Maka dibutuhkan sebuah alat yang membantu event organizer dan pengguna agar dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga.
Teknologi web akan sangat membantu untuk menjawab permasalahan diatas. Dengan teknologi web, maka seluruh orang bisa melakukan akses ke dalam aplikasi asalkan terhubung dengan jaringan internet. Teknologi web juga memiliki kelebihan, yaitu bisa diakses oleh seluruh platform atau sistem operasi cukup melalui web browser tanpa harus melakukan instalasi seperti aplikasi desktop.
Aplikasi Event Manager adalah sistem yang dapat menangani periklanan dan pemesanan tiket event melalui web secara online.
Metodologi yang digunakan dalam perancangan sistem ini adalah metode Waterfall, yang terdiri dari tahap requirement (analisis kebutuhan), design system (desain sistem), Coding (pengkodean) dan Testing (pengujian). Sistem ini dibangun dengan Bahasa pemrograman PHP dengan Framework Yii2.
Kata Kunci : E-Marketplace, Pemesanan, Tiket, Periklanan, PHP, Online, Web, Yii2 Framework