Abstrak


Pengaruh Kompensasi Manajemen terhadap Agresivitas Pajak


Oleh :
Hafiedz Susilo - F1316055 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi manajemen terhadap agresivitas pajak yang dilakukan oleh perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2012 – 2016. Sampel penelitian sebanyak 70 perusahaan selama periode pengamatan 5 tahun berturut-turut sehingga total data yang digunakan sebanyak 350 observasi.
Pengukuran agresivitas pajak menggunakan Effective Tax Rate (ETR) yang diproksikan dengan beban pajak penghasilan terhadap laba sebelum pajak. Nilai kompensasi manajemen diperoleh dari catatan atas laporan keuangan perusahaan.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan program Eviews versi 10.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompensasi manajemen tidak berpengaruh signifikan terhadap tindakan agresivitas pajak pada suatu perusahaan. Sehingga perusahaan yang memberikan nilai kompensasi terhadap pihak manajemen tidak mempengaruhi agresivitas pajak yang dilakukan perusahaan.

Kata kunci: Kompensasi, Agresivitas Pajak, ETR