Abstrak


Penerapan Konsep Syariah pada Pengelolaan dan Pengembangan Karyawan Sebagai Strategi Dalam Brand Positioning Syariah Hotel Solo


Oleh :
Anggi Duta Fatimah - F3215009 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan konsep syariah pada pengelolaan dan pengembangan karyawan sebagai strategi dalam brand positioning Syariah Hotel Solo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian berupa primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa Syariah Hotel Solo telah melaksanakan pengelolaan dan pengambangan karyawan dengan baik. Pengelolaan dan pengembangan karyawan yang baik serta berkonsep syariah tentunya akan sangat mempengaruhi branding Syariah Hotel Solo itu sendiri. Banyak kegiatan yang dilakukan oleh manajemen hotel khususnya manajemen HRD dalam rangka pengelolaan dan pengembangan karyawan yang dimiliki. Untuk semakin mempertegas citra merk syariahnya, Syariah Hotel Solo menerapkan budaya sapa kepada sesama karyawan maupun dengan tamu serta aturan dalam berbusana juga menerapkan konsep syariah.
Maka dari itu diharapkan Syariah Hotel Solo memiliki daya tarik khusus bagi masyarakat untuk menginap disana. Konsep syariah yang ditawarkan oleh Syariah Hotel Solo bisa menjadi nilai lebih dari hotel lain.

Kata kunci: konsep syariah, pengelolaan dan pengembangan, hotel syariah.