Abstrak


Pengembangan Sistem Informasi Akademik Sekolah dasar Berdasarkan Kurikulum 2013 Berbasis Web di SD Negeri Bener 1 Kabupaten Semarang


Oleh :
Aris Nugroho - M3115028 - Fak. MIPA

ABSTRAK

 

ARIS NUGROHO. M3115028. SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH DASAR  BERDASARKAN  KURIKULUM  2013  DI  SD  NEGERI  BENER  1
KABUPATEN SEMARANG.

Sekolah  dasar  adalah  jenjang  paling  dasar  pada  pendidikan  formal  di Indonesia. Tujuan pendidikan sekolah dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Untuk mencapai tujuan tersebut pemerintah membenahi  acuan  sistem  pembelajaran  dengan  membuat  kurikulum  baru  yang disebut kurikulum 2013 atau K-13. Kurikulum 2013 mencakup beberapa aspek penilaian  yaitu  aspek  sosial,  aspek  spiritual,  pengetahuan,  keterampilan.  Pihak sekolah akhirnya harus mengembangkan sistem informasi akademik sekolah dasar berdasarkan kurikulum 2013 sehingga dapat mempermudah proses pembelajaran dan penilaian siswa.

Metode dalam penelitian ini yaitu berupa tahap Persiapan, Analisis, Perancangan Sistem, Implementasi, Pengujian. Persiapan dilakukan dengan mengumpulkan data berupa panduan pembelajaran dan penilaian kurikulum 2013 jenjang sekolah dasar.

Sistem ini memiliki empat pengguna yaitu operator, guru, kepala sekolah, orang tua. Fungsional  dari pembuatan sistem ini adalah mempermudah penilaian siswa sesuai dengan konsep kurikulum 2013 jenjang sekolah dasar.

Kata Kunci : Sistem Informasi Akademik, Kurikulum 2013, Sekolah Dasar