Abstrak


Pengaruh Perceived Organizational Support (Pos) dan Kepribadian Proaktif Terhadap Kreativitas Karyawan dengan Dimediasi Makna Kerja (Studi pada Karyawan Hotel Berbintang di Kota Surakarta)


Oleh :
Muhammad Ihsan Habibie - F1216046 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel Perceived organizational support dan Kepribadian proaktif pada Kreativitas karyawan yang dimediasi oleh makna kerja. Desain Penelitian ini menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan sampling memakai purposive sampling dan convenience sampling. Penelitian ini melibatkan responden sebanyak 126 karyawan frontline hotel berbintang dikota surakarta. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan SEM dengan alat bantu AMOS.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Responden dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mereka merasakan dukungan dari organisasi atas kontribusi yang telah mereka berikan dan berdampak pada meningkatnya makna kerja. Hubungan Perceived organizational support terhadap Makna kerja adalah positif signifikan dengan nilai estimate yaitu 0.378 dengan nilai signifikansi 0.007. (2) Kepribadian Proaktif berpengaruh positif pada makna kerja dibuktikan dengan nilai signifikan 0.004 atau <0>1.96.
Terdapat keterbatasan dalam penelitian ini seperti distibusi penyebaran kuesioner penelitian masih belum maksimal dikarenakan dari 10 hotel yang diajukan untuk penelitian hanya 3 hotel yang bersedia dikarenakan jadwal hotel yang sedang penuh.
 

Kata Kunci: Perceived organizational support, Kepribadian proaktif, Makna Kerja, Kreativitas Karyawan