Abstrak


Pengaruh Person-Organization Fit Terhadap Niat Berpindah Karyawan Dengan Work Engagement sebagai Variabel Pemediasi (Studi pada Karyawan Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Surakarta)


Oleh :
Alfian Rifqi Ramdani - F1216008 - Fak. Ekonomi dan Bisnis


    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Person organizational fit terhadap Niat berpindah karyawan yang di mediasi Work engagement. Penelitian ini dilakukan pada karyawan rumah sakit Pku Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini mengambil jumlah sampel 100 orang yang diambil dengan metode non probability sampling dan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner sedangkan untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan penelitian ini menggunakan persamaan struktural (SEM) dengan aplikasi AMOS.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa person organizational fit memiliki pengaruh positif signifikan terhadap work engagement. Kemudian work engagement berpengaruh negatif signifikan terhadap niat berpindah karyawan. Yang terakhir menunjukkan bahwa work engagement memediasi hubungan person organizational fit terhadap niat berpindah.
    Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu terbatasnya sampel penelitian yang hanya dilaksanakan pada rumah sakit Pku Muhammadiyah Surakarta. Sehingga dalam penelitian selanjutnya diharapkan dapat melengkapi keterbatasan untuk hasil yang lebih variatif guna melengkapi keterbatasan penelitian ini.

Kata kunci: Person organizational fit, Work engagement, Niat berpindah