Abstrak


Strategi Pemasaran Kartu Brizzi pada PT. Bank Rakyat indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Boyolali


Oleh :
Dionisius Satrio Utomo - F3615023 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Penelitian telah dilakukan pada waktu kegiatan magang kerja memiliki tujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mengenai: (1) Mengetahui dan mempertimbangkan strategi pemasaran bank BRI dalam mempromosikan Brizzi kepada nasabah, (2) Mengetahui kelebihan dan kelemahan kartu Brizzi, (3) Mengetahui kendala yang dihadapi oleh bank BRI Cabang Boyolali dalam proses pemasaran kartu Brizzi.
Penelitian dilakukan pada waktu penulis melaksanakan kegiatan magang kerja di PT. BRI(Persero) Tbk. Kantor Cabang Boyolali. Metode yang digunakan pada pembahasan penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan survei secara langsung. Pengumpulan datamenggunakan data primer yang diperoleh langsung dari bank dan data sekunder yang diperoleh dari buku-buku yang berkaitan dengan penelitian.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: (1) Produk BrizziBank BRI memiliki kelebihan yaitu: perdana Brizzi gratis, tidak harus memiliki rekening BRI, Brizzi memiliki kekurangan yaitu: Bank BRI tidak bertanggung jawab atas hilangnya Kartu Brizzi, (2) Strategi pemasaran untuk menarik minat para calon konsumen dilakukan dengan analisis SWOT yang dikolaborasikan dengan strategi bauran pemasaran produk 4P (3)Kendala yang dihadapi oleh Bank BRI Kancab Boyolali dalam proses pemasaran produk Brizzi yaitu kurangnya pemahaman masyarakat tentang uang elektronik dan banyaknya pesaing dari bank lain.
Saran yang diberikan untuk PT. BRI(Persero) Tbk. Kantor Cabang Boyolali yaitu: (1) Mengatasi kekurangan yang ada pada Brizzi dengan menambahkan PIN (personal identification number), (2) Mengadakan event yang bertujuan untuk memperkenalkan Brizzi kepada masyarakat. (3) Perusahaan harus lebih bekerjasama dan bersinergi setiap elemen kantor dan menjaga hubungan dengan nasabah agar tujuan bank dapat tercapai
Kata Kunci: Brizzi, Pemasaran, Uang Elektronik