Abstrak


Pemetaan Bahaya (Hazard Map) Faktor Fisika di PT Harmoni Panca Utama Job Site Pondok Labu pada Tahun 2018


Oleh :
Ibnu Syihab Azzuhri - R0015042 - Fak. MIPA

ABSTRAK


Latar Belakang: Pengukuran Industrial Hygiene adalah salah satu upaya pencegahan dan deteksi dini yang dapat dilakukan melalui tahapan identifikasi bahaya, analisis risiko, dan pengendalian risiko yang digunakan untuk tindakan antisipasi,  mengenal,  mengevaluasi  serta mengontrol  kondisi lingkungan  kerja yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil pengukuran faktor fisika dan pemetaan bahaya faktor fisika di PT. Harmoni Panca Utama jobsite Pondok Labu.

Metode Penelitian: Metode penelitian adalah deskriptif yaitu untuk membuat penilaian terhadap suatu kondisi dan penyelenggaraan suatu program di masa sekarang, kemudian hasilnya akan digunakan untuk menyusun perencanaan perbaikan  program.  Dalam  hal  ini  peneliti  ingin  membuat  suatu  deskripsi mengenai gambaran bahaya kerja dan melakukan pemetaan bahaya (hazard map) faktor fisika di PT. Harmoni Panca Utama jobsite Pondok Labu tahun 2018

Hasil: Tempat kerja di PT. Harmoni Panca Utama jobsite Pondok Labu yang terdapat bahaya faktor fisika tertinggi yakni dalam satu lokasi terdapat kebisingan, penerangan, dan iklim kerja adalah ruang genset, workshop febrication.

Simpulan: PT. Harmoni Panca Utama jobsite Pondok Labu hendaknya menyusun Problem Identification-Corection Action (PICA) untuk evaluasi dan pengendalian bahaya faktor fisika.

 

Kata Kunci: Faktor Fisika, Pemetaan Bahaya Faktor Fisika