Abstrak


Pembuatan Aplikasi Pengenalan Anatomi Tulang Manusia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android


Oleh :
Dyah Ayu Anggraini - M3115048 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Kegiatan belajar mengajar sangat memerlukan inovasi dalam pengemasan dan penyajiannya agar materi-materi yang disampaikan dapat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Perkembangan teknologi sebagai media pembelajaranpun semakin pesat, hal ini sangat baik untuk bidang pendidikan yang juga semakin berkembang. Penyampaian materi oleh guru yang semakin mudah dengan adanya teknologi dan penerimaan serta pemahaman siswa mengenai materi yang disampaikan adalah tujuan utama dari penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran.
Pembuatan Aplikasi Pengenalan Anatomi Tulang Manusia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android ini menggunakan berbagai software yaitu Vuforia Developer untuk membuat fitur marker, Vuforia SDK untuk mendapatkan ARCamera dan ImageTarget, Unity3D untuk membuat Augmented Reality, Blender untuk pembuatan objek 3D dan CorelDraw untuk membuat desain marker dan layout.
Dengan adanya teknologi Augmented Reality pada aplikasi media pembelajaran ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pembelajaran tentang anatomi tulang manusia serta memberikan inovasi media pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan mudah dimengerti siswa serta memudahkan guru dalam menyampaikan materi.

Kata kunci : Augmented Reality, marker, Android, media pembelajaran, anatomi tulang.