Abstrak


Pembangunan Sistem Informasi Parkir Kendaraan Di FMIPA UNS Berbasis RFID (Radio Frequency Identification)


Oleh :
Galih Sulistiyo - M3115060 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Sistem Informasi Parkir Kendaraan di FMIPA UNS Berbasis Rfid (Radio Frequency Identification ) bertujuan untuk membuat sistem dengan membatasi jumlah kendaraan yang masuk area FMIPA UNS dengan cara memberikan kuota masuk bagi mahasiswa berdasarkan jumlah semester sebagai upaya untuk mendukung program Green Campus Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Cara kerja dari Sistem Parkir Kendaraan di FMIPA UNS Berbasis Rfid (Radio Frequency Identification)  ini yaitu tag RFID akan dipegang oleh mahasiswa, sementara reader RFID akan dipasang pada pintu masuk dan pintu keluar. Reader RFID akan mendeteksi setiap kartu yang akan memasuki area parkir. Hasil pembacaan reader RFID akan dikirimkan secara serial ke PC dan diidentifikasi apakah tag tersebut sudah terdaftar atau belum. Sistem parkir ini menggunakan Arduino Uno sebagai interface antara RFID dan PC.
Pembangunan Sistem Parkir Fmipa UNS menghasilkan sistem berbasis web serta prototype arduino uno yang dapat membatasi keluar masuk area parkir FMIPA UNS serta menampilkan laporan setiap bulan parkir masuk dan keluar.
Kata Kunci :  Rfid, Sistem Parkir, Pembatasan Kuota