Abstrak


Pembuatan Metode Instalasi Dan Konfigurasi Open BTS Dengan Perangkat USRP N210


Oleh :
Yoko Setiyo - M3115144 - Fak. MIPA

ABSTRAK

OpenBTS (Open Source Base Transceiver Station) adalah sebuah BTS GSM berbasis open source, yang dapat memungkinkan perangkat telepon seluler GSM berkomunikasi tanpa menggunakan jaringan operator seluler. OpenBTS bisa menjadi solusi untuk daerah-daerah yang masih susah sinyal, karena harga OpenBTS jauh lebih murah dibandingkan dengan harga BTS Operator seluler. OpenBTS masih kurang di minati karena legalitas pemerintah, minimnya informasi tentang OpenBTS serta proses instalasi yang cukup panjang serta konfigurasi yang harus menggunakan perintah dari command line.OpenBTS membuat implementasi penBTS menjadi cukup rumit.
Oleh karena itu dibuatlah Metode Instalasi dan Konfigurasi OpenBTS dengan Perangkat USRP N210. Skrip dibuat dengan menggunakan Skrip Bash dalam proses pembuatan metode, OpenBTS dijalankan dengan PC Server Ubuntu 16.04 serta menggunakan perangkat USRP tipe N210.Dengan skrip ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam instalasi dan konfigurasi serta memberikan penjelasan secara singkat mengenai OpenBTS.
Metode Instalasi dan Konfigurasi OpenBTS merupakan metode untuk memudahkan dalam hal instalasi dan konfigurasi OpenBTS. Dengan menjalankan skrip ini, proses instalasi dan mengatur konfigurasi dasar OpenBTS menjadi lebih mudah. Namun, metode ini masih memiliki beberapa kekurangan, seperti : konfigurasi masih berupa konfigurasi dasar.
Kata Kunci : OpenBTS, USRP, N210, Ubuntu, Skrip Bash