Abstrak


Penilaian Pengisian Formulir Izin Kerja Panas dan Bekerja di Ketinggian Sebagai Sebagai Upaya Penilaian Pemahaman K3 Terhadap Kontraktor di PT. X Indonesia Jakarta Timur


Oleh :
Lutfika Prasetyawati - R0015061 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK


Latar Belakang : PT. X Indonesia Jakarta Timur merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan Susu dalam aktivitas pekerjaannya memiliki potensi  bahaya  dan  risiko  tinggi.  Perusahaaan  mengunakan  jasa  kontraktor sebagai salah satu pihak dalam menyelesaikan beberapa jenis pekerjaan maka perusahaan   berupaya   menangulangi   bahaya   yang   dapat   terjadi   pada   saat melakukan   aktifitas   pekerjaan   dengan   mengeluarkan   work   permit   sebagai tindakan preventif yang di tetapkan oleh perusahaan tetapi dalam proses pengisian form work permit tersebut masih terdapat ketidaksesuaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian kontraktor terhadap pengisian form work permit.

Metode : jenis penelitian ini adalah observasional dengan metode deskriptif, yaitu penelitian yang mengambarkan penilaian hasil pengisian dari form work permit sebagai upaya pemahaman K3 terhadap kontraktor. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung ke lapangan, wawancara dokumentsi dan studi kepustakaan.

Hasil : PT X Indonesia   Jakarta Timur telah melaksanakan sistem work permit yang dilaksanakan oleh kontraktor. Pengisian form work permit terdapat bagian yang harus dilakukan perbaikan demi meningkatkan  pemahaman K3 kontraktor Dalam   evaluasi   form   work   permit   masih   terdapat   ketidaksesuaian   dalam pengisian.

Simpulan : Pengisian form work permit di PT X Indonesia Jakarta Timur masih terdapat ketidaksesuaian. Hal ini belum sesuai dengan peraturan yang telah di tetapkan oleh perusahaan.

Kata Kunci : Penilaian, Work Permit, Zero Accident.