Abstrak


Analisis Biaya pada Pekerjaan Beton HVFA SCC Konstruksi Rumah Dua Lantai Menggunakan Metode Life Cycle Cost Analysis Cost Analysis For Hvfa Scc Concrete Construction Of Two Storey House With Life Cycle Cost Analysis Methode


Oleh :
Romdhony Budi Purnomo - I0114110 - Fak. Teknik

ABSTRAK

Kebutuhan akan rumah tinggal saat ini terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun seiring bertambahnya jumlah penduduk yang ada. Penggunaan beton dalam pembuatan struktur bangunan rumah yang sering digunakan secara tidak langsung juga meningkatkan penggunaan semen yang mendorong eksploitasi alam. Untuk menjaga kelestarian lingkungan agar tidak mengganggu ekosistem yang sudah ada, maka dikembangkannya beton yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan fly ash yang merupakan limbah hasil dari pembakaran batu bara untuk menggantikan sebagian kebutuhan semen dalam beton. Beton yang menggunakan fly ash untuk menggantikan sebagian kebutuhan semen sebesar 50% dinamakan high volume fly ash-self compacting concrete (HVFA SCC). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis biaya yang dihasilkan di setiap tahapan unit proses pekerjaan beton HVFA SCC pada pekerjaan struktur rumah dua lantai menggunakan metode Life Cycle Cost Analysis.
Metode yang digunakan pada penelitian ini meninjau biaya-biaya yang dihasilkan pada setiap tahapan unit proses pekerjaan mulai dari tahapan pengolahan bahan baku hingga proses pengecoran di lokasi proyek.
Hasil penelitian menunjukan pada pekerjaan beton HVFA SCC diperoleh unit proses yang menghasilkan biaya terbesar terletak pada pekerjaan pemasangan bekisting sebesar 48,299 ?ri total biaya yang dihasilkan.

Kata Kunci : Beton HVFA SCC, Biaya, Life Cycle Cost Analysis.